Back to BuddhaSutra.com

Rusa Betina Yang Patah Hati

Suatu kala ada seorang pemuda yg bernama Xu Zhen Jun, dia suka berburu. Satu hari, dia sedang berburu di sebuah bukit dan memanah seekor bayi rusa. Tak lama kemudian, dia melihat seekor rusa betina berlari menuju bayi rusa yg sedang cedera, tanpa perduli dengan keselamatan dirinya sendiri. Rusa betina itu menjilati luka dengan lidahnya dan terlihat sangat sedih. Tak lama kemudian, rusa betina itu berbaring dan mati.

Xu kemudian membawa pulang kedua rusa tadi. Sewaktu menyayat dan membuka perut si rusa betina, dia menemukan hati dan usus nya telah hancur berantakan. Menyaksikan pemandangan yg menyedihkan ini, Xu menjadi sangat kecewa dan jatuh seketika. Merasa bersalah, dia menghancurkan busur dan panah dan bersumpah tidak akan berburu lagi.

Semua binatang, sama seperti manusia, mencintai anak2 nya. Mereka akan sangat sedih bila terpisah dengan keluarga yg mereka cintai. Rusa betina tadi sangat mencintai bayi rusa nya dan tidak tega untuk meninggalkannya. Rasa sakit dan sedih menyelimutinya dan dia mati dengan sangat mengenaskan.

Back to BuddhaSutra.com