Back to BuddhaSutra.com

Pelepasan Memperpanjang Hidup

Pada masa dinasti Qing, di tahun Tao-guang, ada seorang pejabat yang bernama Tu Qin-wu. Sebelum dia diangkat sebagai pejabat, dia pernah sakit berat. Yang parahnya, dokter memberikan dia resep obat yang salah, sehingga nyawanya hampir tak tertolong. Selama sakit dan berbaring di ranjang, dia menyesali semua karma buruknya dan bersumpah untuk memberikan pertolongan pada rakyat banyak bahkan pada dunia, dan dia tidak perduli dengan hal yang lain.

Suatu malam, dia bermimpi bertemu dengan Guan Yin (Avalokitesvara). Boddhisattva berkata padanya: "Di salah satu kehidupan lalu, kau pernah menjadi pejabat di wilayah Chu. Kau sangat adil tetapi kau juga terlalu mengekang. Kau kurang berperikemanusiaan. Oleh karena itu meskipun adil, jabatan dan kekayaanmu telah berkurang. Selebih itu, kau juga suka membunuh binatang, dan itu menyebabkan kau memiliki umur pendek dalam hidup ini. Untunglah, pada masa terbaring sakit, kau telah membuat tekad yang sangat kuat. Pada setiap pikiran, kau hanya memikirkan cara untuk membantu orang lain. Kau tidak pernah menggerutu ataupun menyalahkan siapa-siapa. Menurut aturan dunia gelap, kau dapat memperpanjang hidup dengan melepaskan binatang. Anugerah dan kekayaanmu pun akan bertambah."

Sewaktu dia bangun dari tidur, dia menyadari dia telah mengalami suatu mukzizat. Sedari itu, seluruh keluarganya berhenti membunuh dan sering-sering melepaskan mahluk hidup. Pada waktu musim dingin, dia diangkat sebagai pejabat oleh Imperial Academy di wilayah Yuan. Dia diberikan wewenang khusus oleh pemerintah pusat. Akhirnya dia pun sembuh total dari penyakit yang mematikan pada musim dingin selanjutnya.

Back to BuddhaSutra.com