Back to BuddhaSutra.com

Nafsu Sex Menyebabkan Penyakit, Menghindari Nafsu Adalah Obat

Translasi dari 重寫戒淫證輯 - 色欲招病,斷欲是藥

Pada masa dinasti Ming ada yang bernama Kuang Zi-yuan. Dia mendapat penyakit jantung, penyakit ini membuat dia menjadi kehilangan energi dan vitalitas. Meskipun telah berobat pada banyak dokter terkenal, tetapi tidak mendapat hasil yang memuaskan. Kemudian dia bertemu dengan Bao Yang-zi seorang praktisi Tao yang ahli dalam cara-cara merawat tubuh. Maka Kuang pun berkonsultasi pada Bao akan penyakitnya itu. Setelah Bao meneliti, menganalisa dan menanyakan secara detil penyakit Kuang, dia pun mengerti apa penyebab penyakit itu.

Kemudian Bao berkata pada Kuang: "Penyakit jantungmu disebabkan oleh stress pikiran. Pikiranmu sering kali membayangkan macam-macam kejadian di masa lalu, sekarang dan masa depan. Bayangan-bayangan di pikiranmu selalu timbul dan tenggelam tanpa henti, sehingga menyebabkan jiwamu menjadi tidak stabil. Pikiran yang dipenuhi oleh khayalan-khayalan adalah delusi. Bila dapat menggunakan kebijaksanaan untuk menyadari khayalan yang timbul di pikiran adalah delusi, tidak terlarut di dalamnya, dan dapat dengan segera menghentikannya, ini adalah pikiran yang tercerahkan.

Manusia pasti punya khayalan, oleh karena itu tidak perlu takut khayalan di pikiran timbul, tetapi harus waspada jangan sampai terlarut di dalamnya. Ketika kita memiliki khayalan, itu adalah penyakit. Bila dapat dengan segera menyadarinya, itu adalah obat. Jika kita memiliki pikiran dan hati yang luas seperti alam semesta, maka semua masalah di pikiran dan delusi akan lenyap. Jika kita bisa mencapai tingkat seperti ini, segala penyakitpun tidak akan timbul.

Sekarang penyakit mu ini, dikarenakan api dan air di tubuhmu tidak seimbang. Kebanyakan orang bila melihat wanita cantik, timbullah pikiran serakah ingin memiliki. Ini membuat tubuh kita berada dalam ikatan material, disebut sebagai keinginan dari luar. Sewaktu tidur di malam hari, pikiran selalu dipenuhi oleh keinginan untuk ditemani oleh wanita cantik. Sehingga nafsu seksual menjadi seperti api yang membakar jiwa, ini disebut sebagai keinginan dari dalam. Keserakahan akan cinta dan kecantikan, membuat tubuh dan pikiran selalu diikat oleh nafsu yang tak akan berakhir. Inilah yang menyebabkan kita kehilangan energi dan vitalitas, sehingga mudah terserang penyakit menular.

Jika kita dapat menjauhi pikiran seksual, maka energi dan vitalitas tidak akan terbuang begitu saja. Dengan begitu sistem reproduksi kita menjadi sehat dan jantung pun menjadi kuat. Bila tidak memikirkan kecantikan wanita, pikiran selalu tenang, maka jantung tidak akan mudah membara dan ini membuat sistem reproduksi menjadi sehat. Ketika air dan api dapat saling mengimbangi, maka semua penyakit tubuh dan pikiran akan segera lenyap. Inilah yang disebut sebagai menyelaraskan tubuh dan pikiran, tidak usah menggunakan obat pun dapat menyembuhkan segala penyakit!"

Setelah mendengar nasihat dari Bao, dengan segera Kuang pulang ke rumah dan menjauhi diri sepenuhnya dari kesenangan seksual. Kuang menjadi sering duduk sendiri di ruang belajar untuk bermeditasi, mengosongkan pikiran dan membuang semua khayalan-khayalan. Dia melakukan ini terus menerus tanpa henti. Satu bulan kemudian, ternyata penyakitnya jantungnya yang sulit disembuhkan itu menjadi sembuh total tanpa obat-obatan.

Dengan pikiran yang jernih, kebijaksanaan akan bertambah, sehingga dapat membedakan dengan jelas mana yang baik dan yang buruk juga membuat tubuh sehat dan umur panjang.

Back to BuddhaSutra.com