Back to BuddhaSutra.com

Menikmati Anugerah Hidup Baru

Dahulu kala di Su-zhou, ada seorang yang bernama Wang Da-lin. Dia adalah seorang yang baik hati dan sangat prihatin terhadap semua kehidupan. Dia juga sering membeli binatang untuk dilepaskan. Setiap kali dia melihat anak-anak desa sedang mengganggu ikan, burung, cacing dan binatang lainnya, dia selalu membujuk mereka untuk tidak melakukan perbuatan itu. Dia bahkan memberikan mereka uang untuk membeli dan melepaskan binatang.

Dia selalu menasihati para warga desa: "Kita harus membentuk pikiran anak-anak muda dan mendidik mereka akan perbuatan-perbuatan terpuji, seperti kemanusiaan, kebaikan dan welas asih sehingga mereka bisa prihatin terhadap semua kehidupan. Kita harus membujuk mereka untuk tidak membunuh mahluk hidup." Anak-anak di desa itu selalu mendengarkan nasihatnya. Bahkan para orang tua pun menghormati dan mengikuti contoh yang diberikan oleh Wang.

Satu hari, Wang jatuh sakit, keadaannya parah dan nyawanya hampir tak tertolong. Pada saat itu, dia sepertinya mendengar kata-kata berikut: "Dalam hidup ini, kau telah mengumpulkan banyak pahala dan jasa dengan melepaskan kehidupan, umurmu akan bertambah sebanyak 36 tahun.

Setelah itu, dia sembuh dan hidup lama sehingga dapat melihat 5 generasi penerusnya. Dia menikmati banyak anugerah. Pada umur 97, dia meninggal dengan tenang.

Back to BuddhaSutra.com